pengertian tentang filsafat pendidikan

Filsafat pendidikan islam pada hakikatnya adalah konsep berfikir tentang pendidikan yang bersumber dan berlandaskan ajaran islam, tentang hakikat kemampuan manusia untuk dapat dibina dan dikembangkan serta dibimbing menjadi manusia muslim yang seluruh pribadinya dijiwai oleh ajaran islam , serta mengapa manusia harus dibina menjadi hamba Allah yang berkepribadian demikian , sarana dan upaya apakah, apa sajakah yang dapat mengantarkan pencapaian demikian dan sebagainya.

John Dewey memandang pendidikan sebagai suatu proses pembentukan kemampuan dasar yang fundamental baik menyangkut daya pikiran ( inelektual) maupun daya perasaan ( emosional) , menuju kearah tabiat manusia dan manusia biasa.

Thomson : berarti “melihat seluruh masalah tanpa ada batas atau implikasinya”. Hal ini mengandung arti bahwa perlu bersikap ragu terhadap sesuatu yang diterima oleh kebanyakan orang sebagai hal yang tidak perlu dipermasalahkan dan perlu menangguhkan dalam pemberian penilaian sampai seluruh persoalan telah dipikirkan masak-masak. jadi disini , filsafat dipandang sebagai suatu bentuk pemikiran yang konsekuen , tanpa kenal kompromi tentang hal-hal yang harus diungkap secara menyeluruh dan bulat .

Ven Cleve Morris : pada dasarnya pendidikan bukan alat sosial semata untuk mengalihkan cara hidup secara menyeluruh kepada setiap  generasi , tetapi ia juga menjadi agen ( lembaga ) yang melayani hati nurani masyarakat dalam perjuangan mencapai hari depaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan yang lebih baik.

Pendidikan harus mamu mengalihkan dan mnanamkan aspirasi dan idealitas masyarakat iu kedalam jiwa generasi penerusnya .

Brubacher , ahli filsafat  Amerika mengatakan ada pendapat ‘ menganggap filsafat yang berpendidikan sebenarnya seperti menaruh sebuah kereta didepan seekor kuda . Oleh karenanya , filsafat diartikan sebagai teori pendidikan dalam segala tahap.

filsafat mengkaji dan memikirkan tentang hakikat segala sesuatu secara menyeluruh , sistemais, terpadu, universal, dan radikal yang hasilnya menjadi pedoman dan arah dari perkembangan ilmu-ilmu yang bersangkutan.

ada tiga disiplin ilmu yang membantu filsafat pendidikan dalam menelesaikan persoalan pendidikan :

1. etika atau teori tentang nilai ,

2.

Tentang munirshine

lebih jelas tanya langsung
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s